Maliwuko.desa.id – Perangkat desa Maliwuko, Lage, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada 15 Maret 2018 melakukan pemantauan ke rumah-rumah warga untuk mengecek perkembangan dari kegiatan penanaman bibit durian Musang King.

Sebelumnya pemerintah desa Maliwuko telah membagikan 100 bibit durian Musang King yang merupakan bantuan dari PT. Poso Energy (PLTA Poso) bagi 100 keluarga yang tersebar di 7 RT dari 3 dusun, untuk selanjutnya ditanam di pekarangan rumah masing-masing.

“Kita cek sejauh mana warga telah menanam bibit Durian Musang King ini, dan ternyata memang hampir semua sudah menanam di pekarangan rumah, sedangkan sisanya masih menunggu lubang yang telah dibuat sepenuhnya siap untuk ditanami bibit” ujar Simon P Lapangoyu selaku Kepala Desa Maliwuko. Dipastikan selambatnya dalam pekan ini seluruh bibit durian Musang King itu sudah selesai ditanam di pekarangan rumah warga.

Diakui oleh Simon P Lapangoyu, belum seluruh keluarga bisa mendapatkan bibit durian Musang King “Yah dengan jumlah 100 bibit, memang belum seluruhnya mendapatkan, apalagi banyak yang juga meminta, kami upayakan untuk mencari cara agar seluruh keluarga di Maliwuko bisa menanam durian Musang King” ungkap Simon.

Pemerintah Desa Maliwuko, berupaya menjadikan durian Musang King dalam 4 tahun ke depan dapat tumbuh subur dan berbuah sehingga dapat menjadi ciri khas desa Maliwuko, selain membantu meningkatkan taraf ekonomi setiap keluarga melalui penjualan buah durian Musang King yang dipasaran ekspor memiliki nilai yang cukup mahal. Di media penjualan online produk durian Musang King dalam bentuk kemasan di jual dengan harga 300 hingga 500 ribu rupiah perkilogramnya.

Masyarakat desa Maliwuko sendiri terpantau bersemangat untuk menanam durian Musang King, apalagi diketahui pihak PT. Poso Energy berjanji untuk membantu pemasaran hasil durian itu ke depan untuk tujuan ekspor ke luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Enter Captcha Here : *

Reload Image